BEGINI CARA DAPAT SUBSIDI LISTRIK MEI 2021 - Ismed Share

Minggu, 02 Mei 2021

BEGINI CARA DAPAT SUBSIDI LISTRIK MEI 2021


Halloo sahabat Ismed berbagi -  Pemerintah kembali memperpanjang lagi pemberian subsidi tarif listrik PLN kepada pelangan di tengah pandemi Covid-19.

Mau tahu bagaimana cara pengambilan Subsidi Listrik periode April-Juni 2021? silahkan baca sampai habis. 

Masa perpanjangan Subsidi Listrik PLN berlaku April s/d Juni 2021. Diperiode ini pelanggan yang mendapat subsidi yaitu listrik dengan golongan tertentu yang akan mendapat bantuan subsidi dari Pemerintah berupa pemotongan tarif listrik bayar bulanan bagi pengguna pascabayar dan tambahan token untuk prabayar.

DAFTAR ISI


Pemberian subsidi diperiode ini bertujuan untuk memberikan perlindungan sosial bagi masyarkat atau pelanggan yang kurang mampu, untuk meningkatkan daya beli, dan supaya mendorong masyarakat juga para pelaku usaha tetap produktif di tengah masa sulit ini.

Golongan penerima subsidi dan besarannya

seperti kota lihat pada informasi yang disampaikan PLN melalui Instagram PLN , golongan tarif pelanggan yang akan nenerima bantuan subsidi tarif listrik dari Pemerintah pada periode 3 bulan ini adalah sebagai berikut:

1. Tarif Rumah Tangga (R1) Daya 450 VA atau 2 Amper Pascabayar
2. Tarif Bisnis Kecil (B1) Daya 450 VA atau 2 Amper
3. Tarif Industri Kecil (I1) Daya 450 VA atau 2 Amper
4. Tarif Rumah Tangga (R1T) Daya 450 VA atau 2 Amper Prabayar

Subsidi untuk periode April s/d Juni ini ada sejumlah perbedaan jika dibandingkan dengan program subsidi periode berjalan setahun sebelumnya.

Berdasarkan surat edaran dari Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), besaran subsidi pada periode April s/d Juni 2021 adalah separuh dari periode sebelumnya atau 50%, sehingga besaran subsidi yang akan diterima adalah sebagai berikut:

1. Tarif Rumah Tangga (R1) Daya 450 VA - diskon 50 %
2. Tarif Bisnis Kecil (B1) Daya 450 VA- diskon 50 %
3. Tarif Industri Kecil (I1) Daya 450 VA- diskon 50 %
4. Tarif Rumah Tangga (R1T) Daya bersubsidi- diskon 25 %


Cara akses subsidi


Berbeda dengan periode sebelumnya di mana pelanggan harus mengakses token gratis melalui situs stimulus PLN untuk mendapatkan subsidi pemakaian listrik, maka kali ini hal itu tidak lagi perlu dilakukan.

Pelanggan akan menerima subsidi sebesar yang telah ditentukan berdasarkan golongannya, secara otomatis saat melakukan pembelian Token khusus untuk pelanggan yang menggunakan Prabayar.

Bagi pelanggan yang menggunakan listrik analog atau pascabayar, maka diskon akan langsung dipotong saat melakukan pembayaran rekening listrik.

Itulah informaai menarik buat pelanggan setia PLN dimana pemerintah kembali mensubsidikan listrik yaitu setengan dari periode sebelumnya.
Comments