8 Tips Menghadapi Masa Sulit - Ismed Share

Selasa, 06 April 2021

8 Tips Menghadapi Masa Sulit

Menjelajahi kondisi kesehatan adalah salah satu tantangan terbesar yang dapat kita hadapi. Namun ada kebijaksanaan luar biasa yang bisa diperoleh dari pengalaman  Deborah Weatherspoon, Ph.D., R.N., CRNA dilansirkan dari situs healthline.com. 

Lauren Selfridge

Jika Anda pernah menghabiskan waktu bersama orang-orang yang hidup dengan penyakit kronis, Anda mungkin telah memperhatikan bahwa kami memiliki kekuatan super tertentu - seperti menavigasi kehidupan yang tidak dapat diprediksi dengan rasa humor, memproses perasaan yang besar, dan tetap terhubung dengan komunitas kami bahkan selama yang paling sulit sekalipun. waktu. 


Saya tahu ini secara langsung karena perjalanan saya sendiri hidup dengan multiple sclerosis selama 5 tahun terakhir. Menjelajahi kondisi kesehatan adalah salah satu tantangan terbesar yang dapat kita hadapi. 

Namun ada kebijaksanaan luar biasa yang bisa diperoleh dari pengalaman ini - kebijaksanaan yang berguna selama situasi hidup yang menantang juga. 

Apakah Anda hidup dengan kondisi kesehatan, Anda sedang menghadapi pandemi, kehilangan pekerjaan atau hubungan, atau Anda sedang melalui tantangan lain dalam hidup, saya telah mengumpulkan beberapa kebijaksanaan, prinsip, dan prinsip "gadis sakit". praktik terbaik yang dapat membantu Anda memikirkan atau berinteraksi dengan hambatan ini dengan cara baru.


Berikut 8 Tips menghadai Masa Sulit saat menderita Penyakit kronis

1. Minta bantuan orang lain
Hidup dengan kondisi kronis yang tidak dapat disembuhkan mengharuskan saya menjangkau orang-orang dalam hidup saya untuk mendapatkan dukungan.

Pada awalnya, saya yakin bahwa permintaan saya untuk bantuan tambahan - meminta teman untuk menghadiri janji temu medis dengan saya atau mengambil bahan makanan selama flare-up saya - akan dipandang sebagai beban bagi mereka.  Sebaliknya, saya mendapati bahwa teman-teman saya menghargai kesempatan untuk menunjukkan kepedulian mereka secara konkret.

Memiliki mereka di sekitar membuat hidup saya jauh lebih manis, dan saya menyadari bahwa ada beberapa cara penyakit saya benar-benar membantu membawa kami lebih dekat bersama.

Anda mungkin ahli dalam mengatur hidup Anda sendiri, tetapi Anda tidak harus memikirkan semuanya sendiri.

Anda mungkin mendapati bahwa saat Anda mengizinkan orang yang Anda cintai untuk muncul dan mendukung Anda selama masa sulit, hidup sebenarnya menjadi lebih baik saat mereka dekat.

Memiliki teman duduk di ruang tunggu pada pertemuan medis dengan Anda, bertukar pesan konyol, atau melakukan sesi brainstorm larut malam bersama berarti lebih banyak kegembiraan, empati, kelembutan, dan persahabatan dalam hidup Anda.

Jika Anda membuka diri untuk terhubung dengan orang-orang yang peduli pada Anda, tantangan hidup ini mungkin akan membawa lebih banyak cinta ke dunia Anda daripada sebelumnya.



 2. Bersahabat dengan ketidak pastian
Terkadang hidup tidak berjalan seperti yang Anda rencanakan.  Didiagnosis dengan penyakit kronis adalah kursus kilat dalam kebenaran itu.

Ketika saya didiagnosis menderita MS, saya takut itu berarti hidup saya tidak akan sesenang, stabil, atau memuaskan seperti yang selalu saya bayangkan.

Kondisi saya adalah penyakit yang berpotensi progresif yang dapat memengaruhi mobilitas, penglihatan, dan banyak kemampuan fisik saya lainnya.  Saya benar-benar tidak tahu apa masa depan bagi saya.

Setelah beberapa tahun hidup dengan MS, saya dapat membuat perubahan signifikan dalam cara saya duduk dengan ketidakpastian itu.  Saya belajar bahwa kehilangan ilusi "masa depan tertentu" berarti mendapatkan kesempatan untuk beralih dari kegembiraan yang bergantung pada keadaan menjadi kegembiraan tanpa syarat.

Itu adalah kehidupan tingkat berikutnya, jika Anda bertanya kepada saya.

Salah satu janji yang saya buat pada diri saya sendiri di awal perjalanan kesehatan saya adalah bahwa apa pun yang terjadi, saya bertanggung jawab atas cara saya menanggapinya, dan saya ingin mengambil pendekatan positif sebanyak yang saya bisa.

 Saya juga berkomitmen untuk tidak menyerah pada kegembiraan.

Jika Anda menavigasi ketakutan tentang masa depan yang tidak pasti, saya mengundang Anda untuk memainkan permainan curah pendapat yang kreatif untuk membantu mengatur ulang pemikiran Anda.  Saya menyebutnya permainan "Skenario Kasus Terburuk Terbaik".  Berikut cara bermainnya:

Akui ketakutan yang muncul di benak Anda.  “Saya akan mengalami gangguan mobilitas yang membuat saya tidak bisa pergi mendaki dengan teman-teman saya.”

Bayangkan satu atau lebih cara membantu Anda dapat menanggapi situasi menakutkan itu.  Ini adalah tanggapan "kasus terbaik" Anda.  “Saya akan menemukan atau membentuk kelompok atau klub luar ruangan yang dapat diakses.”  "Saya akan menjadi teman yang baik dan suportif bagi diri saya sendiri melalui semua perasaan yang mungkin muncul."

 Bayangkan beberapa hasil positif dari tanggapan di langkah 2. "Saya akan bertemu teman baru yang bisa merasakan hidup dengan tantangan mobilitas".  "Saya akan bisa merasa lebih kuat dari sebelumnya karena salah satu ketakutan saya menjadi kenyataan dan saya menemukan bahwa saya sebenarnya baik-baik saja."

Latihan ini dapat menjauhkan Anda dari perasaan buntu atau tidak berdaya dalam perenungan tentang rintangan itu sendiri, dan sebaliknya memusatkan perhatian Anda pada respons Anda terhadapnya.  Di dalam respons Anda terletak kekuatan Anda.



 3. Kelola sumber daya Anda
Memiliki energi fisik yang lebih sedikit karena gejala yang saya alami berarti bahwa selama gejala kambuh, saya tidak lagi memiliki waktu untuk mencurahkan energi ke hal yang tidak berarti bagi saya.

Baik atau buruk, hal ini membuat saya mempertimbangkan apa yang benar-benar penting bagi saya - dan berkomitmen untuk melakukan lebih banyak lagi.

Pergeseran perspektif ini juga memungkinkan saya untuk mengurangi hal-hal yang kurang memuaskan yang dulu memenuhi hidup saya.

Anda mungkin menemukan bahwa keadaan menantang Anda sendiri memberi Anda perubahan perspektif dalam hal menjalani kehidupan yang memuaskan.

Beri diri Anda waktu dan ruang untuk menulis jurnal, bermeditasi, atau berbicara dengan orang tepercaya tentang apa yang Anda pelajari.

Ada informasi penting yang dapat diungkapkan kepada kami di saat-saat kesakitan.  Anda dapat memanfaatkan pembelajaran ini dengan menanamkan lebih banyak hal yang benar-benar Anda hargai dalam hidup Anda.



4. Rasakan perasaan Anda

Pada awalnya, saya mengalami kesulitan untuk memasukkan kebenaran diagnosis MS baru saya ke dalam hati saya.  Saya takut jika saya melakukannya, saya akan merasa sangat marah, sedih, dan tidak berdaya sehingga saya akan kewalahan atau terhanyut oleh emosi saya.

Sedikit demi sedikit, saya belajar bahwa tidak apa-apa untuk merasakan secara mendalam ketika saya siap, dan perasaan itu pada akhirnya mereda.

Saya menciptakan ruang untuk merasakan emosi saya melalui berbicara secara jujur ​​dengan orang yang saya cintai, membuat jurnal, memproses dalam terapi, mendengarkan lagu yang membangkitkan perasaan mendalam, dan berhubungan dengan orang lain dalam komunitas penyakit kronis yang memahami tantangan unik hidup dengan kesehatan.  kondisi.

Setiap kali saya membiarkan perasaan itu bergerak dalam diri saya, saya akhirnya merasa segar dan lebih otentik.  Sekarang, saya suka menganggap menangis sebagai "perawatan spa untuk jiwa".

Anda mungkin takut bahwa membiarkan diri Anda merasakan emosi yang menantang selama masa yang sudah sulit berarti Anda tidak akan pernah keluar dari rasa sakit yang dalam, kesedihan, atau ketakutan itu.

Ingatlah bahwa tidak ada perasaan yang bertahan selamanya.

Nyatanya, membiarkan emosi-emosi ini menyentuh Anda secara mendalam mungkin bersifat transformatif.

Dengan membawa kesadaran penuh kasih Anda ke perasaan yang muncul dan membiarkannya menjadi apa adanya tanpa mencoba mengubahnya, Anda diubah menjadi lebih baik. Anda mungkin menjadi lebih tangguh, dan lebih autentik.

Ada sesuatu yang kuat tentang membiarkan diri Anda terpengaruh oleh pasang surut kehidupan.  Itu bagian dari apa yang membuat Anda menjadi manusia.

Dan saat Anda memproses emosi yang sulit ini, sesuatu yang baru kemungkinan besar akan muncul.  Anda mungkin merasa lebih kuat dan lebih tangguh dari sebelumnya.



 5. Istirahatlah dari semua perasaan itu
Seperti halnya saya suka merasakan perasaan saya, saya juga menyadari bahwa bagian dari hal yang membantu saya merasa baik-baik saja dengan "melangkah lebih dalam" adalah bahwa saya selalu memiliki pilihan untuk menjauh.

Jarang saya menghabiskan satu hari penuh untuk menangis, mengamuk, atau mengungkapkan ketakutan (meskipun itu juga tidak masalah).  Sebaliknya, saya mungkin menyisihkan satu jam atau bahkan beberapa menit untuk merasakan… dan kemudian beralih ke aktivitas yang lebih ringan untuk membantu menyeimbangkan semua intensitas.

Bagi saya, ini terlihat seperti menonton acara lucu, berjalan-jalan, memasak, melukis, bermain game, atau mengobrol dengan teman tentang sesuatu yang sama sekali tidak terkait dengan MS saya.

Memproses perasaan besar dan tantangan besar membutuhkan waktu.  Saya yakin mungkin perlu waktu seumur hidup untuk memproses bagaimana rasanya hidup dalam tubuh yang menderita sklerosis multipel, masa depan yang tidak pasti, dan serangkaian gejala yang mungkin muncul dan menghilang kapan saja.  Saya tidak terburu-buru.



6. Ciptakan makna dalam tantangan
Saya telah memutuskan untuk memilih kisah bermakna saya sendiri tentang peran yang saya ingin perankan pada multiple sclerosis dalam hidup saya.  MS adalah ajakan untuk memperdalam hubungan saya dengan diri saya sendiri.

Saya telah menerima undangan itu, dan sebagai hasilnya, hidup saya menjadi lebih kaya dan lebih bermakna daripada sebelumnya.

Saya sering memberi penghargaan pada MS, tetapi saya benar-benar orang yang melakukan pekerjaan transformatif ini.

Saat Anda belajar memahami tantangan Anda sendiri, Anda mungkin menemukan kekuatan keterampilan membuat makna Anda sendiri.  Mungkin Anda akan melihat ini sebagai kesempatan untuk menyadari bahwa masih ada cinta di saat-saat tersulit sekalipun.

Anda dapat menemukan bahwa tantangan ini ada di sini untuk menunjukkan kepada Anda betapa ulet dan kuatnya Anda sebenarnya, atau untuk melembutkan hati Anda menuju keindahan dunia.

Idenya adalah untuk bereksperimen dan mengadopsi apa pun yang menenangkan atau mendorong Anda saat ini.



 7. Tertawalah untuk mengatasi hal-hal yang sulit
Ada saat-saat ketika keparahan penyakit saya benar-benar menghantam saya, seperti ketika saya perlu istirahat dari acara sosial sehingga saya dapat tidur siang tanpa batas waktu di ruangan lain, ketika saya dihadapkan pada memilih di antara efek samping mengerikan dari satu obat.  lebih dari yang lain, atau ketika saya duduk dengan kecemasan sebelum prosedur medis yang menakutkan.

Saya sering menemukan bahwa saya hanya perlu menertawakan betapa berbahaya, tidak nyaman, atau merendahkannya momen-momen ini.

Tawa itu mengendurkan penolakan saya terhadap saat ini dan memungkinkan saya untuk terhubung dengan diri saya sendiri dan orang-orang di sekitar saya dengan cara yang kreatif.

Apakah itu cekikikan karena absurditas saat itu atau melontarkan lelucon untuk meringankan suasana hati saya, saya telah menemukan tawa sebagai cara yang paling penuh kasih untuk membiarkan diri saya melepaskan rencana pribadi saya dan muncul untuk apa yang terjadi pada saat ini.

Memanfaatkan humor Anda berarti terhubung dengan salah satu kekuatan super kreatif Anda pada saat Anda mungkin merasa tidak berdaya.  Dan dalam melewati pengalaman yang sangat sulit ini dengan rasa humor di saku belakang Anda, Anda mungkin menemukan kekuatan yang lebih dalam daripada tipe yang Anda rasakan ketika semuanya berjalan sesuai rencana.



 8. Jadilah sahabat terbaik Anda sendiri

Tidak peduli berapa banyak teman dan anggota keluarga yang peduli telah bergabung dengan saya untuk perjalanan saya dengan MS, saya adalah satu-satunya yang tinggal di tubuh saya, memikirkan pikiran saya, dan merasakan emosi saya.  Kesadaran saya akan fakta ini terkadang terasa menakutkan dan kesepian.

Saya juga menemukan bahwa saya merasa jauh lebih tidak kesepian ketika saya membayangkan saya selalu ditemani oleh apa yang saya sebut "diri bijak".  Ini adalah bagian dari diri saya yang dapat melihat keseluruhan situasi apa adanya - termasuk menyaksikan emosi dan aktivitas saya sehari-hari - dari tempat cinta tanpa syarat.

Saya telah memahami hubungan saya dengan diri saya sendiri dengan menyebutnya sebagai "persahabatan terbaik".  Perspektif ini telah membantu saya keluar dari perasaan sendirian di saat-saat tersulit saya.

Selama masa-masa sulit, batin bijak saya mengingatkan saya bahwa saya tidak sendirian, bahwa dia ada di sini untuk saya dan mencintai saya, dan bahwa dia mendukung saya.

Berikut adalah latihan untuk berhubungan dengan diri  Anda sendiri:

Lipat selembar kertas menjadi dua secara vertikal.

Gunakan tangan nondominan Anda untuk menuliskan beberapa ketakutan Anda pada sisi kertas yang sesuai.

Gunakan tangan dominan Anda untuk menulis tanggapan penuh kasih atas ketakutan tersebut.

Lanjutkan bolak-balik seolah-olah kedua bagian dari Anda ini sedang bercakap-cakap.

Latihan ini membantu menciptakan aliansi batin antara dua aspek berbeda dari diri Anda yang beraneka segi, dan membantu Anda menerima manfaat dari sifat-sifat Anda yang paling penuh kasih.



Semoga Anda menemukan hubungan yang lebih dalam dengan diri Anda sendiri

Jika Anda membaca ini karena Anda mengalami masa sulit sekarang, ketahuilah bahwa saya mendukung Anda.  Saya melihat kekuatan super Anda.

Tidak ada yang bisa memberi Anda garis waktu atau memberi tahu Anda dengan tepat bagaimana Anda harus menjalani bagian hidup Anda ini, tetapi saya percaya Anda akan datang untuk menemukan hubungan yang lebih dalam dengan diri Anda sendiri dalam prosesnya.

Comments