8 Hikmah dan Manfaat Puasa - Ismed Share

Jumat, 16 April 2021

8 Hikmah dan Manfaat Puasa

Puasa merupakan suatu ibadah yang wajib bagi kaum muslimin disetiap bulan Ramadhan, dimana dalam setahun ummat islam diwajibkan berpuasa selama 30 hari Yaitu dimulai dengan ditandai terbit anak bulan atau Hilal.

Adapun hikmah dan manfaat berpuasa ada delapan diantaranya :

1. Melatih jiwa untuk taat kepada Allah
Dengan berpuasa kita dapat melatih jiwa kita untuk selalu taat kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala karena jiwa diibaratkan seperti anak kecil yang perlu dilatih untuk kebiasaan dalam melakukan hal-hal yang baik maka puasa kita dapat melatih jiwa kita daripada menahan makan, minum dan lain sebagainya. karena Puasa merupakan menahan diri dari segala sesuatu yang seharian biasa kita makan yaitu berupa makanan yang halal dan menahan Segala ucapan dan puasa juga berdiam dengan cara melakukan segala ibadah kepada Allah Subhanahu wa ta'ala dengan memperbanyak Amalan di bulan ini maka dari itu puasa bisa melatih jiwa kita untuk taat kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala

2. Menumbuhkan sifat sabar
 Kenapa puasa bisa menumbuhkan sifat sabar? karena dalam berpuasa kita memerlukan extra kesabaran kekuatan di mana jika dulu kita malas dalam beribadah maka kita membutuhkan kesabaran untuk melakukan ibadah atau dalam ketaatan yang rajin dalam bulan puasa.

selanjutnya sabar dalam meninggalkan kemaksiatan berkuasa dikatakan membuat kita berdiam yaitu menahan diri dari segala hawa nafsu dan juga kemaksiatan maka di bulan puasa kita harus sabar dalam melakukan kemaksiatan dan semoga ketika bulan puasa berlalu kita semakin sabar dan semua kemaksiatan tidak pernah kita lakukan lagi.

Terakhir sabar dalam menerima Takdir karena ketika berpuasa maka yang kita rasakan yaitu sakitnya lapan hausnya dahaga dan lemahnya jiwa mereka melakukan ibadah kepada Allah. 

3. Meredam Syahwat
Tidak dipungkiri semua manusia baik itu wanita wanita maupun pria semua kita mempunyai naluri untuk suka kepada lawan jenis dan Adapun naluri ini harus tersalur dengan benar atau halal yaitu dengan cara menikah dan jika pula tidak mampu menikah maka cara yang paling ampuh untuk meredamkan syahwat yaitu dengan cara berpuasa sampai kita mampu untuk melakukan pernikahan. 

4. Mensyukuri Nikmat Allah
Hikmah berpuasa yaitu mensyukuri nikmat yang Allah berikan kepada kita, dengan berpuasa kita mengetahui betapa besarnya nikmat kenyang dari lapar dan haus, dengan menahan diri kita mengetahui Bagaimana rasa lapar dan haus itu

5. Menumbuhkan sifat peduli sesama
Dengan berpuasa maka akan menumbuhkan sifat solidaritas yaitu sifat peduli sesama dengan berpuasa kita merasakan kelaparan dan kita akan mengetahui apa yang mereka rasakan mereka yang tidak mempunyai makanan dan minuman dengan ini maka rasa solidaritas kita akan tumbuh akan saling berbagi kepada mereka yang kekurangan. 

6. Mendapatkan derajat taqwa
Orang yang berpuasa diperintahkan untuk melakukan ketaatan dan meninggalkan kemaksiatan, dengan berpuasa kita akan menahan diri dari segala yang membatalkan puasa dan pahala puasa kita, maka jika ini terus dilakukan insyaallah akan mendapatkan derajat ketaqwaan. Karena dihadapat Tuhan yang membedakan kita antara satu dwngan yang lainnya yaitu tingkat ketaqwaan kita kepada Tuhan

7. Menjernihkan hati & pikiran
Jangan meninggalkan segala perbuatan dan keinginan jiwa ketika berpuasa maka hati dan pikiran akan jernih karena kita hanya terpusat kepada dzikir dan ibadah lainnya kepada Allah kita melakukan puasa maka dengan ini puasa bisa membersihkan, menjernihkan hati dan pikiran kita

8. Sehat
Puasa dapat menyehatkan dan sembuh dari penyakit ganas ini terbukti sudah diakui oleh berbagai dokter karena ketika anda ataupun kita terkena penyakit yang dianjurkan oleh dokter itu berpuasa dari apa yang tidak bisa kita makan yang akan menimbulkan efeknya maka puasa lah yang akan menyehatkan kita.

Itulah 8 manfaat puasa bagi tubuh dan jiwa manusia yaitu bagi mereka yang melakukan puasa sesuai dengan ketentuan Allah tetapkan dengan menahan diri dari segala perbuatan keji dan mungkar dan melakukan semua amalan-amalan yang diperintahkan dalam Alquran maka dialah yang dapat menerima manfaat-manfaat dari berpuasa Mungkin banyak lagi manfaat yang tidak kita bahas pada kali ini. 
Comments