7 Penyebab Listrik Padam - Ismed Share

Kamis, 29 April 2021

7 Penyebab Listrik Padam


Halloo sahabat Ismed berbagi - Apa ditempat kalian sering mengalami pemadaman listrik selama ini atau tiba-tiba padam sebentar lalau hidup lagi dan padam lagi?

Perlu kita ketahui bahwa pemadaman atau padam listrik ada disebabkan oleh beberapa penyebab. Berikut kita akan membahas 7 Penyebab Listrik Padam

 1. Binatang
Binatang merupakan penyebab utama terjadinya padam listrik secara tiba-tiba. Kenapa binatang menjadi sumber utama terjadi padam listrik?
karena binatang bisa mengakibatkan gangguan pada listrik yaitu dengan cara tersentuhnya badan binatang kekabil telanjang milik PLN seperti kelelawar saat keluar malam yang mempunyai sayap panjang, jika sayap nya menyentuh 2 kabel sekaligus maka akan mengalami padam, begitu juga dengan ular ketika melintas kabel telanjang saat badannya masih di tiang dan lepala nya sudah di kabel ini bisa mengakibatkan padam, contoh lain tupai saat bermain di trafo milik PLN dan ketika badan dia di body trafo dan menyentuk kabel telanjang ini juga mengakibatkan padam

Kenapa Bisa padam saat tersentuh hewan? ya bisa karena saat badan hewan menyentuh 2 phasa kabel sekaligus maka akan mengakibatkan arus bertemu arus atau istilah lain di sebut Over Carreun Relay (OCR) yang bekerja memproteksi gangguan fasa dan fasa

Apa bila tersentuh Netral dan fasa terjadinya Graund Fault Relay (GFR) yaitu proteksi gangguan 1 phasa dengan netral ini biasa body trafo dan kabel opticnya sisebab oleh binatang

2. Pohon
Pohon juga merupakan salah satu penyebab terbanyak, dalam kontrak PLN untuk jarak kebersihan row pohon jarak dengan jaringan listrik yaitu 3 meter kiri - kanan harus bebas  saat pertama kali jaringan listrik masuk dan harus ada pembebasan lahan. 

Pohon saat tumbang terkena jaringan listrik mengakibatkan gangguan indikasi GFR dan Jika dahannya yang Jatuh terjadi OCR, gangguan terbanyak dari pohon yaitu biasanya pelepah pinang yang di hembus angin ke jaringan akan mengakibatkan listrik padam dan dahan rapuh yang patah. 

3. Bencana Alam
Bencana Alam seperti Banjir mengakibatkan listrik wajib dipadamkan untuk menghindari masyarakat yersengat listrik, dan jika terjadi gempa atau tanah longsor yang mengakibatkan tiang patah. 

4. Material
Material yang sudah lama terpasang biasanya juga mengakibatkan terjadinya gagal kerja pada sistem atau isolator, sehingga mengakibatkan gangguan permanen biasanya yang terjadi yang di akibatkan oleh gangguan material. 

6. Pemeliharaan
Pemeliharaan biasanya pemadaman ini direncanakan jauh sebelum terjadinya Pemeliharaan di informasikan kepada pelanggan PLN kecuali terjadinya gangguan Material secara mendadak yang diperlukan pemeliharaan mendadak. 

7. Ulah Manusia
Ulah manusia atau penyebab lain yaitu berupa keisengan atau kesengajaan tangan jahil yang melempar seauatu ke jaringan listrik yang menyebabkan terjadinya protekai gangguan OCR atau GFR

Biasanya ini dilakukan oleh oknum tertentu untuk tujuan tertentu dengan cara melempar benda asing ke jaringan listrik. 

Itulah 7 penyebab Gangguan Listrik yang perlu diketahui oleh banyak orang, kenapa tiba-tiba listriknya padam secara menyeluruh. Apabila ada keluhan dan informasinlainnya silahkan kalain menghubungi Call Center 123 atau bisa juga dengan Menginstal PLN Mobile. 

Comments